Kebutuhan air panas untuk Hotel merupakan kebutuhan yang mutlak saat ini, karena sudah menjadi keharusan pihak hotel untuk memberikan pelayanan terbaik dan salah satunya adalah air panas.

Ada beberapa factor yang cukup menentukan dalam menentukan berapa banyak kapasitas air panas yang harus di penuhi di sebuah hotel. Di antaranya adalah :

  • Occupancy Hotel

Pengertian Occupany Hotel adalah ratio jumlah kamar yang tersedia dengan julah kamar yang terjual dan biasanya di hitung dalam prosentase.

  • Jumlah Kamar dan Jumlah Tamu Per kamar

Jumlah tamu di kamar tentu saja menentukan berapa banyak pemakaian air panas yang di butuhkan oleh sebuah hotel.

  • Sifat Hotel

Sifat hotel lebih menunjuk pada tujuan tamu. Tipe hotel berdasarkan kedatangan tamu ( Marlina Endy ; 2008, Panduan Perancangan Bangunan Komercial ) terbagi :

~ Business Hotel

~ Family Hotel

~ Tourist Hotel

Di antara hotel tersebut, business hotel harus menjadi perhatian lebih , hal ini karena seringkali tamu yang menginap memiliki jadwal padat sehingga penggunaan air panas untuk mandi sering kali dalam waktu yang bersamaan.

  • Alat Sanitary yang di pakai

Penggunaan sanitary air panas juga menentukan banyaknya air panas yang di butuhkan. Seperti berapa banyak penggunaan shower, bathtube , wastafel dll.

  • Kegunaan air panas.

Terkadang kegunaan air panas di hotel tidak hanya untuk kebutuhan mandi saja, tapi juga untuk kebutuhan kitchen dan laundry.

 

 Dibawah ini kamisampaikan contoh dalam menghitung kebutuhan air panas untuk hotel ;

Selanjutnya dari data di atas baru kita bisa menentukan tipe pemanas air yang ideal. seperti Heat pump Water Heater, ataupun solar water heater.

Demikian cara menghitung kebutuhan air panas untuk hotel, jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi kami :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu